Pengguna Bisa Saring Undangan Grup Whatsapp

Pengguna Bisa Saring Undangan Grup Whatsapp Ilustrasi (CNN Indonesia/Aqmal Maulana)

Aplikasi pesan instanWhatsApp, merilis fitur khusus untuk menyaring undangan masuk grup. Pembaruan ini diumumkan WhatsApp Selasa (5/11). Pembaruan ini sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp beta.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyaring undangan grup yang ada di pesan instan itu. Pengguna bisa memilih siapa yang bisa mengundang mereka untuk masuk ke grup tertentu di WhatsApp.

Fitur ini dihadirkan sebagai respons atas keluhan pengguna terkait maraknya undangan grup WhatsApp yang tidak diinginkan. Maka fitur ini dihadirkan untuk menyaring gangguan tersebut. Sebab, tak jarang pengguna mengeluh kalau mereka tiba-tiba masuk grup tertentu dari kontak yang tidak mereka kenal.


Fitur ini pertama kali diberitakan oleh WABetaInfo, akun pembocor fitur WhatsApp. Dilansir The Next Web, dengan adanya fitur itu WhatsApp berupaya untuk mencegah orang yang tidak dikenal menambahkan akun Anda ke grup tertentu.


Namun, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa diakses oleh pengguna.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini:
- Klik Pengaturan (Settings)
- Pilih Akun (Accounts)
- Lalu klik Privasi (Privacy)
- Klik Grup (Groups).
- Terdapat tiga pilihan opsi, Siapa saja (Everyone), Kontak saya (My Contact), dan Tidak seorangpun (Nobody). Namun belakangan pilihan Nobody diubah menjadi memilih pengecualian lewat menu "My contact except".

Opsi "Everyone" (siapapun) membuat pengguna terbuka atas undangan grup dari siapapun. Sementara pilihan "My contact except" bisa membuat pengguna memilih tidak mau menerima undangan grup dari orang tertentu.

Namun, pengguna juga bisa memilih agar undangan grup hanya bisa ditambahkan oleh orang tertentu yang ada di daftar kontak.

Nantinya, hanya mereka yang ada di daftar kontak pengguna saja yang bisa memberikan undangan masuk grup. Undangan dari mereka yang ada diluar kontak pemilik akun akan diterima lewat pesan pribadi.

Undangan yang dikirimkan oleh admin grup bisa akan berlaku selama 72 jam. Jika lewat dari tenggat waktu, maka undangan akan kadaluarsa seperti dikutip Indian Express.

Pengguna juga tidak bisa diundang ke grup yang sama oleh dua orang dalam satu waktu yang bersamaan. Namun, link grup akan tetap dapat digunakan jika pengguna sendiri memiliki inisiatif untuk bergabung dengan grup.

Fitur ini diyakini akan muncul untuk dua tipe aplikasi, yaitu Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business. Fitur ini juga dipercaya bakal meluncur untuk WhatsApp di iOS dan Android.


sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191106175201-185-446138/pengguna-bisa-saring-undangan-grup-whatsapp
Share:

Recent Posts